; Pemerintah dan TNI-Polri Siap Menjaga Keamanan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN - Portal Nawacita
December 9, 2023

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Pemerintah dan TNI-Polri Siap Menjaga Keamanan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN akan berlangsung mulai 5 hingga 7 September mendatang di Jakarta Convention Center (JCC). Berbagai persiapan telah dilakukan baik oleh Kementerian maupun Aparat Keamanan.


Adanya sinergitas antara aparat TNI, Polri dan BIN, diyakini bakal menyukseskan penyelenggaraan event yang akan dihadiri oleh para kepala negara dan mitra ASEAN. 

Panglima TNI menyampaikan bahwa pengamanan KTT di Jakarta tidak berbeda jauh dengan pengamanan pada KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT. Dirinya juga memastikan jaminan keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP peserta KTT ASEAN.

“KTT ASEAN sudah pernah dilaksanakan, jadi saya yakin perwira semuanya dapat melaksanakan tugas ini dengan baik dan selanjutnya dibutuhkan kerjasama antar Satgas yang sifatnya koordinasi,” kata Yudo di Wisma Ahmad Yani, Menteng, Jakarta Pusat.

Panglima juga menjelaskan, pada kegiatan pam VVIP KTT ASEAN terdapat sejumlah Satuan Tugas yang nantinya akan melaksanakan pengamanan, seperti Satgas Pam VVIP dan Pam Wilayah, Satgas Udara/Hanud, Satgas Passus, Satgas Penerangan, Satgas Medis, Satgas Intel, Satgas Laut, Satgas Pam Bandara dan Pelabuhan, Satgas Komlek, Satgas Evakuasi, dan Satgas Siber.

TNI dan Polri serta BIN akan memperkuat soliditas dan sinergi dalam melakukan pengamanan serta penjagaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta.

 Sebelumnya telah berlangsung ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, pada 19-23 Agustus 2023 lalu.

Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengerahkan 460 personel untuk mengamankan kegiatan side event ASEAN tersebut.

“Dalam upaya menjaga keamanan jelang AMMTC, kami telah menyiapkan 460 personel yang siap bertugas,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda NTT Kombes Ariasandy beberapa waktu lalu.

 Ariasandy mengungkapkan bahwa persiapan pengamanan sudah dimulai dengan menggelar gladi pengamanan. Tujuannya, untuk memastikan semua aspek pengamanan telah terkoordinasi dengan baik.

Sementara itu, kegiatan ASEAN Economic Ministers (AEM) Meeting dan Related Meetings ke-55 pada pada beberapa waktu yang lalu, juga telah mendapat pengawalan aparat keamanan dari Polda Jawa Tengah sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan lancar.

“Tentu Polda Jawa Tengah berikut stakeholder yang lain termasuk TNI dan pemerintah kota/kabupaten bahu-membahu kerja sama dalam rangka memberikan jaminan keamanan untuk kegiatan ini,” kata Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi saat apel gelar pasukan di Jalan Pahlawan, Semarang