February 26, 2024

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Operasi Trikora Hantarkan Kembali Papua ke Pangkuan Indonesia

Operasi Tiga Komando Rakyat (Trikora) yang dikeluarkan Soekarno, berhasil menuntun kembali Papua dalam wilayah kedaulatan Indonesia pada Mei 1963.

Dalam perundingan antara Indonesia dan Belanda yang ditengahi Amerika Serikat (AS), Belanda setuju menganggarkan US$30 juta per tahun untuk pembangunan Irian Barat melalui PBB. Sementara Indonesia berkewajiban menyelenggarakan penentuan nasib sendiri bagi rakyat Papua pada Desember 1969. Setelah itu, pemerintahan Soekarno segera merancang program pembangunan Papua.

Wakil menteri pertama koordinator urusan Irian Barat, Subandrio, di hadapan DPRD Irian Barat pada 22 Juli 1963 menyebut pemerintah pusat akan fokus pada penguatan keamanan, konsolidasi pemerintahan sipil, dan menggerakkan perekonomian lokal di tahun pertama setelah penyerahan Papua.

Guna menggerakkan semua program itu, pemerintah pusat memanfaatkan dana dari PBB (bernama Fund for West Irian/Fundwi). Namun, belum terlalu jelas apakah program rancangan pemerintahan Soekarno berjalan atau tidak. Sebab, Soekarno digantikan Soeharto usai huru-hara 1965.