September 28, 2023

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Jokowi Tentukan Titik Istana Negara di Kalimantan

PortalNawacita – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini, Selasa (17/12/2019) bertolak menuju Kalimantan Timur untuk meninjau lokasi Ibu Kota baru.

Berdasarkan informasi yang dihimpun CNBC Indonesia, Jokowi bersama sejumlah menteri sudah lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Kalimantan Timur pada pukul 07:30 WIB.

Setibanya di Kalimantan Timur, Jokowi bersama rombongan akan terlebih dahulu meninjau sejumlah ruas tol Balikpapan – Samarinda yang membentang hingga 99,35 kilometer, sebelum kemudian diresmikan pengoperasiannya.

Ruas jalan tol Balikpapan РSamarinda memiliki nilai investasi sebesar Rp 9,9 triliun, yang pembangunannya dimulai sejak November 2016 dan dibagi dalam 5 seksi.

Ruas tol ini memiliki panjang 99,35 kilometer. Jokowi sendiri disebutkan akan meresmikan ruas tol seksi II, III, dan IV, yang menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Setelah itu, eks Gubernur DKI Jakarta itu akan langsung menuju Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang menjadi lokasi Ibu Kota baru.

Kepala Bappenas/Menteri PPN Suharso Monoarfa mengatakan tim penentu lokasi akan melakukan survei udara melalui helikopter untuk mencari lokasi pusat ibu kota. Sementara itu, Presiden Jokowi akan menempuh via jalan darat ke lokasi kluster-kluster pusat ibu kota.

“Kita ingin ada pandangan semacam¬†helicopter view gitu lah,… karena dengan bapak Presiden besok jalan darat. Kita ingin lihat suasananya, keadaannya kayak gimana,” kata Suharso. (cnbc)