December 3, 2021

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

UMKM Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

PT Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan salah satu indikator pemulihan perekonomian yakni geliat dari sektor UMKM. Berdasarkan data, sektor UMKM membukukan pertumbuhan kredit 2,34% secara tahunan pada akhir Agustus 2021.

“Stimulus sektor UMKM, dinilai cukup optimal,” jelas Pilarmas dalam keterangan resmi, Senin (15/11/2021).

Pilarmas menambahkan, pemerintah dinilai perlu fokus mendorong UMKM agar dapat berevolusi menjadi usaha menengah atau usaha besar. Salah satunya yakni dengan menggenjot digitalisasi guna mengakselerasi pertumbuhan bisnis dan mendukung peningkatan efisiensi, dalam rangka menekan biaya logistik serta mendorong penetrasi pasar.

“Kami menilai digitalisasi mampu mendorong pelaku UMKM untuk bergeser dari sektor informal menjadi lebih formal, hal tersebut sejalan dengan pendataan UMKM tersebut dalam sistem digital,” ujarnya.

Sedangkan dari sisi perbankan, Bank Indonesia (BI) sudah menetapkan peraturan terkait Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial, yang sudah berlaku pada September lalu. Dengan kebijakan ini, perbankan akan didorong untuk meningkatkan proporsi pembiayaan UMKM hingga sebesar 20% dari portfolio.

Dengan berbagai kebijakan dari pemerintah, BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan pemulihan UMKM dapat terakselerasi. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, sejauh ini terdapat 64 juta UMKM di Indonesia dengan kontribusi terhadap PDB sekitar 61%. UMKM dinilai selalu menjadi buffer dalam berbagai krisis ekonomi sejak 1998, 2008, dan di era pandemi Covid-19