December 3, 2021

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Tetap Waspada, Jaga Prokes dan Vaksinasi

Jakarta – Presiden Jokowi meminta gubernur di seluruh Indonesia mewaspadai gelombang ketiga Covid-19. Apalagi beberapa bulan lagi, Natal dan Tahun Baru akan datang. Diharapkan, kepala daerah mengimbau masyarakat tidak bepergian saat libur panjang tersebut.
“Saya harapkan dirancang dan direncanakan secara detail sesuai dengan kondisi masyarakat setempat, dengan menghargai norma-norma yang ada dan tetap mematuhi protokol kesehatan, ” kata Jokowi.

Selain itu, presiden juga meminta para kepala daerah terus mendorong vaksinasi terhadap anak-anak, seiring dibukanya sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM).
“Kewaspadaan harus kita jaga, agar penurunan Covid-19 bisa kita tekan, kita harapkan tidak ada gelombang ketiga di negara kita,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan (prokes), khususnya saat menggunakan kendaraan umum. Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dilonggarkan, publik harus tetap waspada COVID-19 masih ada dan mengancam.
“Kita harus tetap waspada untuk menghindari risiko lonjakan kasus COVID-19. Hal ini sudah terjadi di negara-negara Eropa seperti Inggris dan Rusia,” ujar Johnny.

Menkominfo Johnny menambahkan, aktivitas masyarakat dilonggarkan tidak hanya mengacu pada penyebaran Covid-19 yang kian melandai di ibu kota, tetapi karena banyaknya warga di wilayah Jabodetabek yang divaksin Covid-19.
“Pemerintah mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan prokes ketika melakukan beraktivitas dan bepergian,” ujarnya.

Di samping itu, ia pun mengingatkan masyarakat untuk disiplin menggunakan masker untuk mencegah percikan atau droplet dari hidung dan mulut sendiri maupun orang lain.
“Mari gunakan masker untuk cegah penularan serta menjaga jarak. Jangan berdesakan atau berhimpitan dan juga rajin mencuci tangan,” pungkasnya.