Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Program Padat Karya Disiapkan untuk Lapangan Kerja dan Daya Beli Masyarakat

Portalnawacita – Pemerintah menyiapkan program Padat Karya Tunai atau cash for work selain bantuan sosial (bansos) untuk membuka lapangan kerja dan menjaga daya beli masyarakat lapis bawah di tengah pandemi COVID-19.

Program-program dari sejumlah kementerian dapat ikut mendukung terlaksananya program Padat Karya Tunai.

Pada Kementerian PUPR, dianggarkan total Rp 10,23 triliun yang diperuntukkan bagi Sumber daya air sebesar Rp 2,29 triliun, Bina Marga Rp 629,0 miliar, Cipta Karya Rp 2,5 triliun dan Penyediaan Perumahan sebesar Rp 4,81 triliun.

Pada Kementerian Perhubungan, total alokasi berjumlah Rp 1,87 triliun yang tersebar untuk Perhubungan laut sebesar Rp 1,38 miliar; Perhubungan udara sebesar Rp 226,1 miliar; BPSDMP sebesar Rp 6,1 miliar; Perhubungan Darat sebesar Rp 522,3 juta, serta Perkeretaapian sebesar Rp 1,64 triliun. 

Pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, ada total alokasi Rp 95,58 miliar untuk Pengelolaan Irigasi Tambak/Kolam (PITAP), Minapadi, Penanaman Mangrove, dan Integrasi Lahan Pegaraman. 

Untuk Kementerian Pertanian, target pelaksanaan kegiatan pada bulan April-Agustus 2020 dengan total anggaran sebesar Rp 1,6 miliar. Refocusing kegiatan yang dilakukan salah satunya ialah fasilitas bantuan ayam,kambing,domba untuk penanganan dampak penyebaran COVID-19 dan mendukung ketersediaan pangan.[*]