Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Prajurit TNI Kembali Gugur di Papua, Ketua MPR: Petakan Pola Penyerangan KKB!

https: img.okezone.com content 2023 05 20 340 2816971 praka-jamaluddin-gugur-ditembak-kkb-teroris-tni-polri-siaga-penuh-nTpZM2ZSga.jpg
Prajurit TNI Kembali Gugur di Papua, Ketua MPR: Petakan Pola Penyerangan KKB!

Manokwari – Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Praka Jamaluddin gugur ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Numbuk Telenggeng di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada Jumat, 19 Mei 2023.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengutuk keras serangan-serangan maupun aksi kekerasan KKB Papua yang kerap menimbulkan korban jiwa. Oleh karenanya, dia meminta agar pemerintah beserta aparat penegak hukum segera mengindentifikasi pola-pola penyerangan KKB.

“Meminta pemerintah bersama aparat TNI dan Polri, serta Badan Intelijen Negara (BIN) untuk dapat mengidentifikasi sekaligus memetakan pola penyerangan KKB, guna menentukan strategi yang tepat dalam melindungi warga Papua maupun aparat yang bertugas di wilayah Papua,” ujar Bamsoet melalui pesan singkatnya, Senin (22/5/2023).

Bamsoet menyampaikan dukacita mendalam atas gugurnya kembali prajurit TNI yang bertugas di Papua. Dalam kesempatan ini, Politikus Golkar tersebut berharap agar pemerintah maupun aparat penegak hukum bisa bertindak lebih tegas kepada teroris KKB di Papua.

“Pemerintah daerah, aparat TNI dan Kepolisian yang bertugas untuk secara lebih tegas dan serius dalam menangani hingga menumpas habis seluruh kelompok kriminal bersenjata guna memulihkan situasi yang kondusif, aman dan nyaman di Papua,” terangnya.

Mantan Ketua DPR RI tersebut juga mengimbau kepada para aparat keamanan di Papua untuk lebih waspada untuk mengantisipasi adanya serangan dari KKB.

Ia juga meminta agar aparat di lapangan bisa mengatur strategi agar tidak kembali timbul korban jiwa.

“Meminta juga komitmen Panglima TNI beserta seluruh jajarannya agar menentukan sikap tegas dan tidak ragu mengambil tindakan keras yang terukur kepada KKB yang diketahui dalam aksinya terus mengancam dan membahayakan keselamatan warga juga aparat setempat,” sambung Bamsoet.