Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Idul Fitri 2024

Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) memastikan stok pangan di pasar tradisional dan swalayan  wilayahnya selalu aman menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Stok pada prinsipnya tersedia untuk hari raya. Daging juga tersedia. Artinya seluruh stok pangan di pasar tradisional maupun di mal-mal  tersedia,” kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Chaidir saat dijumpai di Foodmart Fresh Atrium Senen, Jakarta Pusat, Senin.

Sebelumnya, pada pagi tadi Chaidir juga memantau harga bahan-bahan pokok di Pasar Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Chaidir menjelaskan beberapa harga bahan-bahan masakan memang mengalami kenaikan. Misalnya  cabai yang sebelumnya seharga Rp35.000 kini melonjak seharga Rp45.000.

Kemudian, bawang merah yang biasanya senilai Rp40.000 per kilo menjadi Rp50.000 per kilo. Sementara itu untuk telur, sebelumnya seharga Rp29.000 per kilo menjadi Rp32.000 per kilo.

Meskipun ada kenaikan, harga bahan-bahan pokok secara umum masih terbilang stabil, kata Chaidir.

“Harga stabil. Yang lainnya seperti cabai, bawang merah, di pasar tradisional agak sedikit naik. Kebutuhan dapur lain juga seperti tomat, yang semula Rp30.000 menjadi Rp35.000. Jahe juga melonjak menjadi Rp27.000,” jelas Chaidir.