December 3, 2021

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Pajak sebagai Elemen Penting Pembangunan Nasional

Jakarta –  Kesejahteraan rakyat, baik secara material maupun spiritual, adalah hasil yang ingin dicapai dari upaya pembangunan negara. Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, negara memerlukan sumber daya dana yang salah satunya berasal dari pajak.

Wajib pajak yang telah berkontribusi di masa pandemi Covid-19 ini patut diapresiasi. Sebab, peran pajak cukup vital dalam penanganan pandemi.

“Selain sebagai penyokong utama APBN, pajak juga sebagai katalisator pemulihan ekonomi melalui berbagai insentif yang diberikan,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II Slamet Sutanyo

Slamet mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi, berperan aktif, dan bersama-sama bergotong royong mencapai kemandirian bangsa dengan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. Sejalan dengan tagline Hari Pajak 2021 yaitu bersama pajak, atasi pandemi, pulihkan ekonomi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Serdang H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAPmenyampaikan “ Pajak adalah kontribusi wajib rakyat kepada negara yang terutang, baik sebagai pribadi maupun badan usaha yang bersifat memaksa sesuai dengan undang-undang yang berlaku.”

Hasil pajak yang dipungut, dimanfaatkan untuk pemenuhan berbagai keperluan dalam rangka memastikan kesejahteraan rakyat. Ia mengatakan, dengan membayar pajak, seseorang atau badan usaha menjalankan kewajibannya dan di saat yang sama ikut pula ambil peran aktif untuk secara langsung dan bersama-sama menjalankan pembiayaan negara serta pembangunan nasional.

Untuk itu, Sekdakab mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama pemerintah desa yang bisa dikatakan sebagai ujung tombak pemerintahan, untuk proaktif dalam menyukseskan pembangunan infrastruktur di Tanah Bertuah Negeri Beradat, dengan selalu taat membayar pajak.

Sementara Kapolres Sergai AKBP. Robin Simatupang, SH, M.Hum, menyatakan dengan ketertiban membayar pajak, disaat yang sama pembangunan di Indonesia juga akan terlaksana lebih cepat.

” Hidup lebih nyaman dengan membayar pajak, karena fasilitas yang dibangun oleh negara, sumber utamanya adalah pajak. Maka dari itu, jangan tunda membayar pajak,” imbaunya.

Kapolres Sergai mengingatkan agar Bendahara Desa memahami dengan baik jenis-jenis pajak yang terutang dalam setiap transaksi.

“ Selain itu, harus juga diketahui hak dan kewajiban lain yang mesti dilaksanakan terkait aspek perpajakan yang ada di desa masing-masing,” tandasnya.