December 3, 2021

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Mengimbau Masyarakat Prokes Secara Ketat Guna Mencegah Penularan Covid-19

Jakarta — Satgas Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan konsisten. Tak hanya prokes saat berkegiatan di luar rumah, Satgas juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan prokes di dalam rumah.

“Pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat terus disiplin menjalankan prokes baik di luar rumah maupun di dalam rumah,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers harian yang digelar daring, Kamis (15/7/2021) yang lalu.

Prokes di dalam rumah, kata Wiku, dapat dilakukan masyarakat dengan segera mandi setelah berkegiatan di luar rumah. Selain itu, masyarakat diimbau untuk membersihkan rumah dengan cairan disinfektan secara rutin serta rajin mencuci tangan selama 20 detik.

“Protokol kesehatan di dalam rumah ini merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencegah munculnya klaster keluarga,” katanya.

Satgas Covid-19 juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama menegakkan kedisiplinan prokes melalui posko di wilayah masing-masing. Dengan demikian penularan di tingkat mikro, yaitu keluarga dapat dicegah.

Imbauan ini disampaikan lantaran kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat baru berhasil menurunkan mobilitas masyarakat ke tempat kerja, tempat umum, dan tempat wisata serta stasiun. Kebijakan tersebut belum terlihat berhasil menekan angka penyebaran Covid-19. (*)