Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

MASYARAKAT ADAT TABI LAKUKAN DEKLARASI PAPUA DAMAI

Jayapura – Masyarakat Adat TABI mengajak kepada seluruh lapisan Masyarakat untuk mendukung penyelesaian masalah Papua melalui rekonsiliasi untuk menuju Papua Damai.

Ajakan tersebut disampaikan secara terbuka dalam sebuah kegiatan Deklarasi yang dilakukan oleh Masyarakat Adat Tabi yang diinisiasi oleh Pemuda Mandala Trikora (PMT) dan Barisan Merah Putuh (BMP) Papua , yang berlangsung pada (Obhe) Adat Pongkonoware Kampung Pande Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Senin (21/02/2022).

Beberapa hal penting yang perlu dilakukan guna mengatasi masalah di Papua adalah keberpihakan Dana Otsus yang benar – benar lansung diterima masyarakat kecil dan peningkatan pembangunan infrastruktur yang memadai juga penyelesaian masalah yang terjadi Lapago dan Mepago.

Tiga sikap penyataan masyarakat adat tabi diantaranya :

  1. Masyarakat Adat TABI mendukung upaya penyelesaian secara bermatabat menuju Papua damai.
  2. Masyarakat Adat TABI bersama Pemerintah bertekad menyelesaikan permasalahan Papua melalui rekonsiliasi dan Restitusi menuju Papua damai.
  3. Masyarakat Adat TABI mendukung Undang – undang Otsus Nomor 2 dan rencana Pemekaran DOB menuju Papua damai sejahtera

Pertanyaan Sikap tersebut ditanda tangani oleh Masyarakat Adat Tabi, usay kegiatan Deklarasi, yang diawali oleh Ondoafi Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu Kabupaten Jayapura. Agustinus Marwery, dan dilanjutkan oleh Kepala – kepala Suku lainnya.