January 28, 2023

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Lukas Enembe Ditahan, DPR Minta Plt Gubernur Papua Segera Ditentukan

Komisi II DPR meminta pemerintah segera menentukan pelaksana tugas (Plt) gubernur Papua untuk menggantikan Lukas Enembe. Diketahui, Lukas Enembe telah ditahan KPK atas kasus dugaan suap dan gratifikasi di lingkungan Pemprov Papua. Sementara, Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal telah meninggal pada 2021 lalu dan hingga kini belum ada penggantinya.

Saat ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menunjuk Sekda Papua, Ridwan Rumasukun sebagai pelaksana harian (plh) Gubernur Papua. DPR meminta pemerintah tidak terlalu lama membiarkan Pemprov Papua dipimpin oleh seorang plh gubernur.

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengaku sudah sejak lama meminta Kemendagri agar posisi wagub Papua yang ditinggalkan Klemen segera diisi. Hal itu demi kelancaran pembangunan di Papua serta menghindari potensi terjadinya kekosongan jabatan.

Doli mengaku tak masalah dengan penunjukan Plh Gubernur Papua mengingat terjadi perkembangan mendadak, yakni ditangkapnya Lukas Enembe oleh KPK. Hanya saja, dia menekankan supaya plh yang diisi oleh Ridwan Rumasukun tidak bekerja terlalu lama.

“Enggak boleh terlalu lama, karena posisi gubernur apalagi wakil gubernur dengan sekda itu kan tidak sama,” ujar Doli di Tamarin Hotel, Jakarta, Senin (23/1/2023).

“Oke lah karena memang mendadak boleh sekda sebentar. Tetapi jangan terlalu lama, harus tunduk sama pejabat yang harus diisi sebagai pelaksana tugas gubernur Papua untuk menjalankan roda pemerintahan di sana. Kemendagri harus menunjuk satu orang Plt yang pejabat dari pemerintah pusat untuk bisa menjalankan aktivitas dan roda kepemimpinan di sana,” ungkap Doli menambahkan.

KPK diketahui telah menahan Lukas Enembe atas kasus dugaan suap dan gratifikasi di lingkungan Pemprov Papua. Selain Lukas, KPK juga menetapkan Direktur PT Tabi Bangun Papua Rijatono Lakka sebagai tersangka pemberi suap. Rijatono diduga menyuap Lukas dan sejumlah pejabat Pemprov Papua agar bisa memenangkan sejumlah proyek infrastruktur.