December 3, 2021

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

KPK Sudah Membuktikan Kinerjanya Baik dan Profesional

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan kinerja penindakan pada semester I tahun 2021 menurun akibat terdampak Covid-19. Kegiatan penindakan KPK saat ini terhambat karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Karyoto menyebut banyak kegiatan penindakan mulai dari penyidikan hingga penyelidikan yang tidak bisa dilakukan karena ruang mobilitas yang terbatas. Menurut dia, hambatan lain sejumlah pegawai positif Covid-19 yang mengharuskan KPK membatasi melaksanakan tugas.

Terkait data jumlah penggeledahan dan penyitaan dalam proses penyidikan perkara selama tahun semester 1 tahun 2021 adalah sebanyak 45 kali penggeledahan dan 198 penyitaan. Kemudian untuk kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) sepanjang semester 1 2021, KPK hanya melakukan 4 penangkapan dan 33 penahanan.

“Bahwa seiring dengan dinamika perkembangan KPK, tahun ini kita juga masih berada dalam situasi pandemi yang memberikan tantangan tersendiri untuk KPK dalam melakukan salah satu fungsinya dalam penindakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisi III DPR menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah membuktikan kinerjanya dengan penangkapan sejumlah koruptor dan pengembalian aset negara yang tidak kecil.

“KPK sebenarnya sudah membuktikan kinerja mereka dengan sangat baik akhir-akhir ini, terlihat dari kebijakan mereka yang berani dan tegas dalam meringkus koruptor,” ungkap Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

Menurut data di semester I 2021 ini, KPK sudah berhasil mengembalikan uang negara sebesar Rp171,99 miliar dan juga mengungkap berbagai kasus besar.“Prestasi ini tentu berbeda dengan kekhawatiran beberapa kalangan yang menyebutkan KPK sekarang kinerjanya menurun. Padahal kalau melihat dari data yang ada, justru KPK sekarang semakin kuat,” ujarnya.

Sahroni berharap agar KPK tidak terpecah fokusnya atas hasil survei-survei yang ada. Akan lebih baik jika KPK lebih baik terus fokus dalam memberantas korupsi dan menyelamatkan uang negara sebanyak-banyaknya. (*)