January 28, 2023

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Kapolres Boven Digoel Beberkan Sumber Uang Membeli Senjata untuk KKB

Kapolres Boven Digoel AKBP I Komang Budiartha mengatakan senjata api dan amunisi yang didapat MK dan AH berasal dari Papua New Guinea (PNG) Menurut Kapolres, keduanya membeli empat pucuk senjata dan 18 amunisi dengan harga Rp 53,8 juta. Senjata itu rencananya akan diserahkan kepada KKB di Yahukimo.

“Senjata itu dibeli dari PNG,” ujar Kapolres. Mantan Kapolres Nduga ini membeberkan sumber uang yang digunakan para pelaku untuk membeli senjata api berasal dari hasil menjual emas.

“Dana itu dari hasil menjual emas seberat 1,9 ons kalau di rupiah sebesar Rp 53 juta,” beber Kapolres. Pria asal Pulau Dewata ini mengungkapkan kasus tersebut kini telah dilimpahkan ke Polda Papua “Polres Boven Digoel kini melimpahkan kasus itu ke Polda Papua. Tim sudah tiba dan kini masih mendalami keterangan para pelaku,” ujarnya.

Sebelumnya aparat Kepolisian Resort Boven Digoel mengamankan dua warga Yahukimo berinisial MK dan AH, Rabu (18/1) lalu, lantaran membawa senjata api laras panjang. Dari tangan keduanya polisi mengamankan 4 pucuk senjata api laras panjang dan 18 butir amunisi cal 12 GA serta uang tunai jutaan rupiah.