October 28, 2021

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Jokowi Putuskan Penurunan Level PPKM di Sejumlah Daerah

PortalNawacita – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah.

Namun, masih ada beberapa daerah-daerah aglomerasi yang masih berubah levelnya.

“Sesuai dengan update PPKM yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo kemarin, maka Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di sejumlah daerah,” ungkap Wiku, dalam konferensi pers virtual bertajuk “Perkembangan Penanganan COVID-19 di Indonesia per 24 Agustus 2021” pada Selasa (24/8).

Ia mengatakan, beberapa daerah yang telah turun level PPKM-nya yaitu beberapa daerah aglomerasi seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung Raya, Semarang Raya, Surabaya Raya. Daerah-daerah tersebut telah diturunkan level PPKM-nya dari 4 menjadi 3.

Meski begitu, ada beberapa daerah-daerah aglomerasi lainnya yang masih belum berubah levelnya, seperti Bali, Malang Raya, Solo Raya, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masih di level 4. Ketentuan ini tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomer 35, 36, dan 37 Tahun 2021.

Di samping itu, ia mengatakan, terdapat beberapa poin penyesuaian yang dilakukan oleh pemerintah terkait PPKM di wilayah Jawa-Bali. Contohnya, memasukkan kembali angka kematian dalam indikator penilaian levelling. 

“Hal ini dilakukan setelah proses sinkronisasi dilakukan selama 2 minggu [pekan] dan akan terus berlangsung,” imbuh Wiku.