December 3, 2021

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Jaminan Ketersediaan Vaksin di Seluruh Wilayah Indonesia

Jakarta – Jumlah vaksin COVID-19 yang saat ini tersedia di Indonesia cukup untuk dapat mengejar target vaksinasi nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dan Duta Perubahan Perilaku dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan stok vaksin di Indonesia masih cukup untuk memenuhi target.

“Alhamdulillah, puji syukur bahwa semua masih sesuai dengan skema awal kedatangan vaksin yang datang secara bertahap di Indonesia,” katanya

Hingga saat ini, Indonesia punya stok vaksin sekitar 50 juta dosis. Sedangkan jumlah keseluruhannya adalah 248 juta dosis.
Dari jumlah tersebut 237 juta dosis sudah didistribusikan ke daerah di Indonesia. “Per hari ini 184 juta sudah disuntikan, masih ada 53 juta stok,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers online.

Dari paparan, terlihat jika hingga akhir Oktober ini akan ada total vaksin mencapai 285 juta dosis di Indonesia. Sekitar 356 juta dosis tersedia pada bulan November mendatang.

Sedangkan pada akhir tahun ini diperkirakan akan ada 428 juta dosis yang tersedia di Indonesia. Jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk 208 juta orang mendapatkan dua dosis vaksin.

Sementara itu pihak Kementerian Kesehatan juga memonitor expired date dari vaksin. Produk yang berasal dari pemberian luar negeri akan menghadapi expired date dalam waktu dekat.

Oleh sebab itu, untuk dapat lebih cepat mencapai target vaksinasi, masyarakat yang belum melakukan vaksinasi dihimbau untuk segera mendaftarkan diri, supaya mendapatkan perlindungan diri yang lebih maksimal dari bahaya penularan COVID-19. (*)