Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

IMF hingga World Bank Sebut Ekonomi Indonesia Pulih pada 2021

PortalNawacita – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi pada 2021 akan semakin membaik. Hal itu juga diutarakan, lembaga internasional seperti misalnya IMF, World Bank, ADB dan OECD.

Diprediksi pada akhir tahun ini, lembaga keuangan internasional itu memperlihatkanadanya kurva “V” pada perekonomian nasional.

“Sedangkan di tahun 2021, secara year-to-date nya dari IMF sebesar 6,1%, dari World Bank 4,8%, dari ADB 5,3%, dan dari OECD 2,6% sampai 5,2%,” kata Airlangga dalam diskusi virtual, Kamis (9/10/2020).

Kata dia, proyeksi akhir tahun secara year-to-date menunjukkan bahwa prediksi IMF terhadap perekonomian nasional yakni sebesar minus 0,3%, world Bank 0 persen, ADB minus 1%, dan OECD minus 3,9% sampai minus 2,8%.

Saat ini, berbagai lembaga keuangan itu, mereka pun menilai bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun depan akan bisa kembali positif.

“Sehingga, tentunya kita pun harus melihat berapa dalam kontraksi ekonomi kita, dibandingkan dengan berbagai negara lain,” ujarnya.

Airlangga mengklaim bahwa pertumbuhan ekonomi nasional saat ini, meskipun berada di posisi minus, tapi masih relatif lebih tinggi dari peer country seperti Thailand, Malaysia, Singapura, atau bahkan India.

“Seperti misalnya Thailand yang sudah dua kuartal mengalami minus, di mana saat ini kontraksinya semakin dalam yakni menuju minus 12%, atau bahkan Malaysia yang masuk ke minus 17%, kemudian negara lain seperti Singapura yang minus 12 %, Filipina minus 16%, dan yang terdalam adalah India dengan minus 23,90%,” jelasnya.[*]

okezone.com