December 3, 2021

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Disiplin Prokes dan Vaksinasi Covid-19 Mempercepat Kembalinya Aktivitas Normal Masyarakat

Jakarta – Upaya pemerintah untuk mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi terus digencarkan. Salah satu langkah yang dilakukan ialah melalui program vaksinasi Nasional.

Program vaksinasi sendiri secara resmi telah dimulai sejak bulan Januari 2021 secara bertahap. Kegiatan vaksinasi yang diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin diyakini mampu berdampak bagi pemulihan ekonomi dan kembalinya produktivitas masyarakat seperti semula.

“Protokol kesehatan (Prokes) adalah elemen yang sangat penting selama masih ada pandemi COVID-19. Prokes tetap jalan terus meskipun program vaksinasi sudah berjalan seperti saat ini,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro, dikutip dari laman covid19.go.id (22/6/2021) beberapa waktu yang lalu.

Demi mengendalikan angka persebaran virus agar tidak kembali meluas, masyarakat diharapkan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan baik dan disiplin. Usahakan untuk tidak berkerumun, selalu memakai masker sesuai standar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, serta membatasi mobilitas dan interaksi.

Jika masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dan diimbangi dengan mengikuti vaksinasi, maka pandemi diprediksi akan cepat berakhir dan kegiatan masyarakat bisa kembali normal seperti semula.

Sementara itu, Ahli epidemiologi lapangan dari Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dr. Yudhi Wibowo mengingatkan masyarakat harus tetap mewaspadai risiko penularan COVID-19 dan terus disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes 5M).

Yudhi menambahkan target kekebalan kelompok atau “herd immunity” baru akan tercapai jika jumlah penduduk yang mendapatkan vaksinasi sudah mencapai 70 persen.

“Sebelum mencapai herd immunity maka masyarakat harus tetap disiplin Prokes 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas,” katanya.

Dengan disiplin yang tinggi menerapkan Prokes 5M, maka upaya mencegah penyebaran COVID-19 akan berjalan efektif dan optimal.

“Dengan demikian perlu upaya bersama untuk tetap disiplin dan saling mengingatkan satu sama lain agar tetap memperkuat protokol kesehatan,” katanya. (*)