December 3, 2021

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Ayo Kita Jaga Bersama Indonesia

Jakatra – Setiap individu dengan segala kelebihan dan kekurangan yang melekat di dalamnya memiliki sejumlah kebutuhan dan tujuan. Untuk mewujudkan kebutuhan dan tujuan tersebut, tidak jarang membutuhkan bantuan dan kerja sama dengan individu lain.

Begitu juga dengan sebuah negara. Oleh karena itu, untuk mewujudkan negara Indonesia menjadi negara yang lebih maju, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Masyarakat harus mau ikut berpartisipasi dalam segala bentuk kegiatan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah.

Tujuan utama pembangunan ialah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah dan masyarakat harus saling bekerja sama dan bekerja keras dalam melaksanakan pembangunan.

Partisipasi masyarakat dalam pembangunan tersebut merupakan bentuk kerja sama pemerintah dengan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, pelestarian, serta pengembangan hasil pembangunan yang akan dicapai.

Keterlibatan aktif dalam berpartisipasi, bukan hanya berarti keterlibatan jasmaniah semata. Partisipasi dapat diartikan sebagai keterlibatan mental, pikiran, dan emosi atau perasaan seseorang dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang ingin dicapai.

Suatu pemerintahan akan berhasil dalam mencapai sebuah tujuan dan program–programnya apabila orang-orang yang bekerja dalam organisasi tersebut dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik sesuai dengan bidang dan tanggungjawabnya masing-masing.

Oleh sebab itu, diperlukan dukungan dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam menjaga Indonesia guna mewujudkan Indonesia menjadi lebih baik.