Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Kebiasaan Sehat Dalam Menangkal Covid-19

PortalNawacita – Imun tubuh yang baik merupakan menjadi prioritas semua manusia dalam masa pandemi Covid-19. Untuk itu dalam menghindari kondisi tubuh menurun, penting dalam memulai kebiasaan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Dalam upaya menjaga sistem tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Tak hanya makan saja, dalam menjalani kebiasaan tententu juga dapat meningkatkan kekebalan dalam mencegah berbagai virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Beberapa hal yang dapat menangkal Covid dimasa pandemi:

  1. Mengurangi Stres

Stres adalah salah satu cara tercepat untuk menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, kita perlu mengembangkan rutinitas pengelolaan stres yang baik.

2. Banyak minum air putih

Ketika kita mengalami dehidrasi ringan, itu akan menyebabkan respons stres yang akan menekan respons kekebalan tubuh. Oleh karena itu, banyak minum air putih sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

3. Olahraga

Olahraga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut Harvard Health, olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi yang baik, yang memungkinkan sel dan zat sistem kekebalan bergerak bebas ke seluruh tubuh dan melakukan tugasnya secara efisien.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Satu studi dari University of Chicago menemukan bahwa orang yang hanya tidur empat jam semalam selama satu minggu menghasilkan setengah jumlah antibodi pelawan flu dibandingkan mereka yang tidur 7 hingga 8 jam.

5. Membatasi jumlah antibiotik

Alih-alih langsung mengonsumsi antibiotik saat ada tanda-tanda penyakit, cobalah mencari pengobatan alternatif terlebih dahulu. Banyak pengobatan alami yang mudah ditemukan dan dipercaya dapat menyembuhkan masalah kesehatan tertentu.

“Selama bertahun-tahun, pemberian antibiotik yang berlebihan menyebabkan terciptanya superbug yang resisten terhadap strain bakteri tertentu,” kata pelatih kesehatan holistik Chef Amanda Anderson.

“Semakin banyak mereka terbiasa dengan bakteri, semakin baik mereka menyerang dan menjadi lebih kuat,” ujarnya. Dua penelitian berbeda juga menemukan bahwa cara antibiotik membunuh mikroba di usus dapat menyebabkan masalah pada sistem kekebalan tubuh, termasuk penurunan jumlah sel darah putih.

6. Tertawa

Menurut sebuah studi dari Alternative Therapies in Health and Medicine, tertawa dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kadar sel pembunuh alami, sejenis sel darah putih. Tertawa juga meningkatkan detak jantung dan mengirimkan lebih banyak oksigen ke jaringan tubuh. [*]

health.detik.com