Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Bekerja Penuh Dedikasi, Joko Anwar Raih Penghargaan Sutradara Terbaik FFI 2020

PortalNawacita – Industri film dan sineas menjadi salah satu sektor yang terimbas dampak pendemi Covid-19. Di tengah situasi itu, Komite Festival Film Indonesia (FFI) menggelar Malam Anugerah Piala Citra FFI 2020 secara virtual pada pada Sabtu, 5 Desember 2020 di Plennary Hall Jakarta Convention Center (JCC) guna membangkitkan kembali animo para sineas dan semua stakeholder pelaku industri film nasional.

Untuk mengatasi keterbatasan jumlah film pada FFI 2020, panita berhasil mengumpulkan 53 film Indonesia yang telah tayang di bioskop sepanjang periode Oktober 2019 hinga Maret 2020 maupun film yang tayang di layanan streaming. Para tamu undangan pun dibatasi, yaitu hanya para nominatornya saja, mengingat acara itu digelar di tengah pandemi virus corona.

Joko Anwar adalah salah satu sosok yang paling banyak mendapatkan apresiasi dalam FFI kali ini. Pasalnya, Joko selain terpilih sebagai sutradara terbaik, film ‘Perempuan Tanah Jahanam’ yang ditanganinya memborong 6 penghargaan, salah satunya adalah Film Terbaik.

Joko pantas mendapatkan predikat itu. Sejak dulu, kecintaannya terhadap film sudah terlihat. Walaupun masih menempuh pendidikan sekolah dasar, ia sudah mengetahui bahwa sebenarnya film itu dibuat oleh seseorang. Bahkan dulu dia sempat membayangkan bahwa kehidupannya saat itu hanya pura-pura dan sering berimajinasi bahwa ternyata dia adalah orang kaya. Kisah tersebut juga memberikan inspirasi bagi film-film yang digarapnya.

Sambil menggenggam piala Citra di tangannya, pemuda lulusan Wheeling Park High School, US, ini mengingatkan bahwa individu dan kelompok tidak akan mampu membuat film Indonesia maju. Film Indonesia hanya bisa maju kalau semua pemangku kepentingan bekerja sama secara sinergis.

“Para sineas harus mau terus belajar meningkatkan skill. Para produser mampu memilih proyek yang akan mendukung keberlanjutan film Indonesia. Penonton Indonesia menonton legal jangan menonton bajakan,” ulasnya. 

Mantan wartawan The Jakarta Post ini tak lupa mengekspresikan kegembiraannya atas predikat baru sebagai sutradara terbaik.

“Pastinya senang, bangga ya. Perempuan Tanah Jahanam kita kerjakan dengan sungguh-sungguh penuh dedikasi, ” kata Joko Anwar di hadapan awak media usai turun dari atas panggung.[*]