October 24, 2020

Portal Nawacita

Bersatu Kita Maju

Ketua Satgas Sebut Pengumpulan Massa Berpotensi Penularan Covid-19

PortalNawacita – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan keprihatinannya terkait pelaksanaan demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dia beralasan pengumpulan massa saat pandemi seperti saat ini berisiko besar dalam penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Karena bisa saja di antara masyarakat yang berkumpul itu ada yang positif Covid-19 dan bisa jadi ketika nanti terjadi hubungan yang sangat dekat akibatnya yang lain bisa terpapar Covid-19,” kata Doni dalam diskusi daring di YouTube BNPB, akhir pekan lalu.

Hal yang paling bahaya kata dia, yakni bila peserta unjuk rasa saat pulang ke rumah dan bertemu dengan anggota keluarga lainnya yang memiliki penyakit bawaan ataupun lansia. Sebab kelompok rentan memiliki risiko yang lebih besar bila terpapar Covid-19.

“Bisa juga mereka yang tidak pernah keluar rumah pun akan terpapar Covid-19. Risikonya sangat besar bagi keluarga yang punya komorbid atau mereka yang sudah lansia karena angka kematian bagi komorbid dan lansia sangat besar,” ucap Doni.

Sebelumnya, jutaan buruh melakukan aksi mogok nasional dan memilih turun ke jalan menolak Omnibus Law Cipta Kerja. Begitu juga elemen masyarakat lainnya, seperti pelajar dan mahasiswa. Namun tak sedikit, aksi demonstrasi yang semula damai berujung anarkis.[*]

liputan6.com